Selasa, 22 November 2016

ENERGI LISTRIK



proyek ini dibuat untuk memenuhi salah satu proyek Fisika Dasar pada program studi Pendididkan Biologi Universitas Sriwijaya dengan dosen Bapak Apit Fathurohma, S. Pd., M. Si.


A. Pengertian Energi Listrik
Energi listrik adalah energi  yang berasal dari muatan listrik yang menimbulkan medan listrik statis atau bergeraknya elektron pada konduktor ( pengantar listrik ) atau ion ( positif atau negatif ) pada zat cair atau gas. Listrik memiliki satuan Ampere yang disimbolkan dengan A dan tegangan listrik yang disimbolkan dengan V dengan satuan volt dengan ketentuan kebutuhan pemakaian daya listrik Watt yang disimbolkan dengan W. Energi listrik dapat diciptakan oleh sebuah energi lain dan bahkan sanggup memberikan energi yang nantinya dapat dikonversikan pada energi yang lain.
B. Fungsi Energi Listrik
Agar peralatan listrik dan alat elektronik dapat digunakan, tetapi tentunya diperlukan energi tegangan listrik yang sesuai dengan kebutuhan alat tersebut. Mengapa demikian ?. Karena apabila Energi listrik tidak sesuai dengan kebutuhan peralatan listrik dan alat elektronik dapat berdampak pada alat tersebut misalnya tidak dapat beropersai, beroperasi tidak maksimal, atau bahkan alat tersebut bisa rusak. Kesesuaian energi listrik tersebut mencakup tipe tegangan atau arus yang diperlukan ( AC atau DC ) ,  besar-kecilnya tegangan yang diperlukan, serta arus minimal atau terendah yang dibutuhkan.
C. Contoh Sumber Energi Listrik
Terlepas dari besar-kecilnya tegangan Energi Listrik yang dihasilkan , ada beberapa alat yang dapat menghasilkan sumber energi listrik. Berikut alat yang dapat menghasilkan sumber energi listrik : 
  1. Perusahan Listrik Negara ( PLN ) , yaitu melalui pembangkit listrik seperti PLTA, PLTS, PLTD atau PLTU.
  1. Accu / Aki , yaitu alat yang dapat menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia. Aki dibedakan menjadi dua jenis yaitu Aki basah / cair dan Aki kering. Berdasarkan standar internasional, setiap satu cell Accu mempunyai tegangan nominal sebesar 2 Volt. Dengan demikian Accu / Aki 12 Volt mempunyai cell 6 buah demikian juga dengan Accu / Aki 6 Volt yang mempunyai cell 3 buah. Accu / Aki digunakan pada kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat. Selain itu juga terdapat pada perangkat elektronik yang masih menggunakan Accu / Aki sebagai sumber Energi listrik DC seperti Sentral Telepon Digital dan BTS.

  1. Baterai Kering , yaitu alat yang bisa menyimpan energi listriknya dalam zat kimia kering. Baterai kering dapat kita jumpai pada sejumlah peralatan elektronik seperti ponsel, laptop , notebook , tablet , dan peralatan elektronok lainnya yang menggunakan baterai kering sebagai energi listiknya.

  1. Adaptor , yaitu suatu alat elektronik yang terbentuk dari komponen - komponen elektronika pada sebuah rangkaian regulator yang berfungsi untuk menurunkan tegangan tinggi sekaligus merubah tegangan AC menjadi DC. Adaptor digunakan sebegai penerus tegangan listrik saat pengisisan ( charge battery ) pada perangkat elektronika seperti telepon selular, notebook , laptop , dan lain sebagainya. 

  1. Buah, Seiring berkembangnya zaman, akhir - akhir ini beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa buah dan tanaman tertentu dapat menghasilkan sumber energi listrik meskipun dalam jumlah yang kecil. Contohnya kulit pisang dan jeruk.
PENGALAMAN KESEHARIAN KU YANG BERKAITAN DENGAN ENERGI LISTRIK


ENERGI LISTRIK


13 agustus 2016
            Berkeringat akibat kegerahan atau melakukan aktivitas sering kita alami banyak solusi untuk menghilangkan keringan dan menyejukan nya, ada yang memilih menggunakan kipas ada juga yang memilih menggunakan AC. Berhubung dikost saya hanya terdapat kipas saya hanya menggunakan kipas untuk menghilangkan keringat dan menyejukan tubuh dari aktivitas atau suhu ruangan yang panas membuat saya berkeringat. Kipas angin juga umumnya berfungsi sebagai pendingin udara, penyegar udara, ventilasi (exhaust fan), pengering (umumnya menggunakan kompenen penghasil panas), kipas angin juga banyak ditemukan dimesin penyedot debu dan berbagai ornamen untuk dekorasi ruangan, kipas angin juga digunakan juga didalam unit CPU komputer yang mendinginkan processor,kartu grafris,powe suplay dan casing kipas angin didalam CPU komputer tersebut berfungsi untuk menjaga suhu udara agar tidak melewati batas suhu yang ditetapkan pada laptop. Apa kamu tahu perinsip atau cara kerja kipas angin menggunakan daya energi listrik ?
Perinsip atau cara kerja kipas angin adalah adanya arus bolak-balik masuk menuju kipas angin. Dalam kipas angin juga terdapat motor listrik yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Kumparan besi didalam yang terletak pada bagiaan yang bergerak berserta sepasang pippih berbentuk magnet U pada bagian yang diam. Adanya listrik yang mengalir pada lilitan kawat didalam kumparan besi membuat kumparan besi tadi menjadi sebuah magnet. Karena sifat magnet yang saling tolak menolak pada kedua kutubnya maka gaya tolak menolak magnet antara kumparan magnet tersebut membuat gaya berputar secara preodik dalam kumparan besi tersebut.
Maka cara kerja kipas angin adalah mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Dengan menggunakan motor listrik yang berguna untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Poros kumparan menjadi tempat baling-baling kipas angin dikaitkan.untuk memperbesar hembusan angin pada kipas angin, perlu penambahan tenaga listrik pada kumparan besi agar cara kerja kipasan angin lebih optimal. Bila saklar dinyalakan maka arus listrik akan mengalir pada kumparan stator motor dan menimbulkan gaya gerak listrik sehingga rotor motor berputar, diujung rotor dipasang kipas untuk menggerakan putaran kipas. Kipas angin pada umumnya dapat dikontrol kecepatan hembusan dengan 3 cara yaitu mengggunakan pemutar, tali penarik serta remote control. Pemutaran  Baling baling dalam kipas angin dibagi menjadi dua yaitu Centrifugal ( angin yang mengalir searah dengan poros kipas) dan Axial (angin mengalir secara pararel dengan poros kipas).

            Ternyata sekarang banyak jenis kipas angin dari tradisional antaralain kipas angin yang digerakan menggunakan tangan,kipas angin listrik yang digerakan menggunakan tenaga listrik dan ada juga kipas angin mini yang praktis dibawa kemana-mana yang biasanya menggunakan energi dari batrai.
            Keuntungan Kipas Angin dibandingkan dengan Air Conditioner adalah:
·        Meningkatkan sirkulasi udara, kipas angin yang diletakan didinding, langit-langit, lantai, dan meja menimbulkan efek angin dingin yang membuat anda lebih nyaman berada didalam rumah. Dan juga paling efektif dalam meningkatkan sirkulasi udara.
·        Lebih sehat, kipas angin memang tidak berfungsi sebagi pendingin. Namun AC tidak memiliki sirkulasi udara,karna ruangan serba tertutup udara didalam ruangan akan berputar diarea tersebut sepanjang hari.
·        Lebih hemat dan ramah lingkungan, kipas angin hanya menggunakan daya 75 watt, kipas angin juga tidak membuat udara didalam ruangan menjadi pengap seperti yang terjadi ketika menggunakan AC.

15 Agustus 2016
           
            Seringkali saat kita menyetrika atau merapikan baju atau menghilangkan kerutan pada pakaian selalu menggunakan setrika. Mulai dari setrika yang menggunakan arang,setrika uap dan setrika listrik. Tapi kebanyakan sekarang orang menggunakan setrika listrik karna praktis tidak harus membakar atau membuat arang menyala, karna setrika listrik tinggal hanya dicolokan ke aliran arus listrik. Itu yang membuat setrika menjadi bagian dari hal atau alat yang sangat penting.
            Liatrik merupakan salah satu bentuk energi yang dihasilkan dari adanya gerakan partikel-partikel bermuatan seperti elektron, positron, dan ion. Energi liistrik adalah energi yang lain ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat listrik termasuk setrika.
Jika setrika sudah dihubungkan ke aliran sumber tanaga listrik dan dihidupkan maka arus listrik akan mengalir melalui elemen pemanas. Dengan adanya arus listrik yang mengalir ini elemen pemanas akan membangkitkan pemanas. Kemudian panas dialirkan secara konduksi pada permukaan dasar setrika ( permukaan yang digunakan untuk melicinkan pakaian ) panas yang dibangkitkan ini akan terus mengalir. Oleh karna itu setrika banyak menggunakan pengatur suhu untuk mencegah terjadinya panas berlebih karna setrika akan memutuskan aliran listrik secara otomatis bila suhu telah mencpai panas yang maksimal. Sebaliknya bila suhu menurun setrika juga akan secara otomatis menghubungkan aliran listrik.
Arus listrik mengalir dari sumber tangan menuju lampu, kemudian langsung ke saklar bimetal. Jika kedua logam tersebut kontak maka arus akan mengalir menuju elemen pemanas yang terdiri dari lilitan kawat sebagai bentuk resistor yang menyebabkan rangkaian tertutup dan setrika akan mengalami pemanasan pada tingkatan tertentu. Ketika panas yang ditentukan telah mengalami keadaan maksimal, maka secara otomatis termostat pada rangkaian saklar akan berkerja.rangkaian terputus karena prinsip bimetal tadi menyebabkan salah satu logam mengalami pemuaian dan menyebabkan saklar terbuka. Akibatnya tidak ada arus yang mengalir serta lampu indikator akan mati.
Ada beberapa komponen yang terdapat pada setrika listrik yang pertama elemen pemanas sebagai sumber pemanas setrika, besi pengumpul panas (alas) yang berfungsi sebagai alas setrika dan juga penghantar panas secara merata, besi pemberat, tutup dan pemegang setrika yang berfungsi sebagai pelindung dalam setrika yang dialiri arus listrik dan berfungsi agar panas tidak langsung terepas langsung keudara, dan pengantur panas.
Berbeda dengan setrika tradisional yang menggunakan arang, cara kerja nya yang membuat orang kadang urung untuk menggunakannya jika ada strika listrik. Karna harus menayalakan arang sebagai sumber panas yang setelah itu dimasukan kestrika. Dan belum lagi abu dari arang yang kadang malah menodai pakaian.

17 Agustus 2016

            Sering saat lampu padam saya menggunakan lampu Emergency sebagai penerang karena kemampuan lampu emergency yang mampu menerangkan dalam keadaan gelap seperti pada umumnya lampu bohlam atau lampu listrik yang membedakan hanyalah cara atau penghatan arus listrik yang berbeda. Karena lampu emergency menggunakan daya batrai yang dicarger atau diisi oleh arus listrik, berbeda dengan lampu bohlam atau lampu listrik pada umumnya yang menggunakann penghantar arus listrik secara langsung yang terkontak dengan arus listrik itu sendiri. Lampu emergency biasanya sebelum digunakan atau batrai dalam lampu emergency telah habis pengguna langsung mencarger lampu dengan disalurkan kepada saluran arus listrik.
Model lampu emergency: definisi arus listrik  AC ( alternating current ), merupakan arus listrik yang besarnya dan arusnya selalu berubah ubah dan bolak balik. Arus listrik AC akan membentuk suatu gelombang sinus atau lebih lengkapnya sinusoida. Definisi arus listrik DC ( direct current ) merupakan arus listrik searah. Pada awalnya aliran arus listrik pada listrik DC dikatakan mengalir dari ujung positif menuju ujung negatif. Semakin kesini pengamatan pengamatan yang dilakukan pleh para ahli menunjukan bahwa pada arus listrik searah merupakan arus yang aliran nya dari negatif (elektron) menuju kutub positif. Aliran ini menyrbabkan timbulnya lubang lubang bermuatan positif yang terlihat mengalir dari positif ke negatif.
Pada suatu daya carger tegangan input AC ( 220V ) diturunkan oleh trafo step down 9V 500ma trafo berfungsi untuk memindahkan tegangan dari input ke output kemudian sebuah transformer yang berfungsi untuk melakukan step-up yang bertujuan untuk menaikan tegangan 220 volt AC.
Batrai/Chargering adalah perangkat yang mampu menghasilkan teganagan DC, yaitu dengan cara mengubah energi kimia yang terkandung didalamnya menjadi energi listrik menjadi energi listrik melalui reaksi elektro kimia, redoks (redukasi-oksidasi). Batrai terdiri dfari beberapa sel listrik, sellistrik tersaebut menjadi penyimpan energi listrik didalam bentuk energi kimia. Sel baterai tersebut elektroda-elektroda, elektroda negatif disebut katoda, yang berfungsi sebagai pemberi elektron. Elektroda positif disebut juga elektroda positif disebut anoda yang berfungsi sebagai penerima elektron. Antara katoda dan anoda akan mengalir arus yaitu dari kutub positif (anoda) ke kutub negatif (katoda). Sedangkan elektron akan mengalir dari katoda menju anoda.
Batrai carger adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengisi batrai dengan tegangan konstan hingga mencapai trganan yang ditentukan. Bila level tegangan yang ditentukan itu telah tercapai, maka arus pengisian akan turun secara otomatis sesuai dengan settingan dan menahan arus pengisian hingga menjadi lebih lambat sehingga indikator menyala mendakan baterai telah terisi penuh. Diadalam rangkaian carger terdapat rangkaian regulator yang berfungsi untuk mengatur tegangan keluaran agar tetap konsatan, sedangkan rangkaian comparator berfungsi untuk menurunkan arus pengisian secara otomatis pada batrai saat tegangan batrai terisi penuh dan menahan pengisian hingga menjadi lebih lambat sehingga menyebankan indikator aktif menandakan batrai terisi penuh.


2 komentar: